This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Sukses beradaptasi di lingkungan kerja baru

Mungkin Anda akan mulai bekerja di tempat yang baru. Di minggu pertama banyak hal yang perlu dipelajari, mulai dari mengingat nama-nama rekan kerja, kebiasaan-kebiasaan di kantor hingga kebijakan-kebijakan perusahaan.Hal ini penting dilakukan sebab kemampuan seseorang menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya turut menentukan keberhasilan yang akan diraihnya. Berikut tips bagi Anda agar sukses dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru:
1. Perhatikan dengan seksama kebiasaan tak tertulis yang berlaku di kantor baru karena seringkali tata tertib yang diberikan kepada Anda tidak sama dengan praktek di lapangan. Perhatikan pula kebiasaan berprilaku dan berinteraksi rekan kerja Anda. Pelajari aturan-aturan perusahaan dan cobalah menghargai budaya perusahaan

2. Cobalah untuk membuka diri dan berbaur dengan rekan satu tim untuk memahami berbagai proses dan prosedur yang ada. Jangan lupa untuk selalu bersikap ramah kepada semua orang meskipun tidak berhubungan kerja langsung dengan orang tersebut. Tunjukkan bahwa Anda bisa diajak bekerja sama serta layak memperoleh kepercayaan dan respek dari mereka..
3. Ketahui dengan jelas tugas-tugas dan kewajiban agar Anda dapat bekerja secara lebih efektif. Jangan malu bertanya pada atasan atau rekan kerja bila ada sesuatu yang kurang jelas. Namun ingatlah untuk bertanya di saat yang tepat karena terlalu sering bertanya akan mengganggu pekerjaan mereka. Kalau perlu catat semua instruksi pada saat pertama kali diinformasikan untuk mencegah Anda menanyakan hal yang sama berkali-kali.
4..Jangan ragu berterus-terang ketika Anda memerlukan bantuan. Anda akan lebih mudah melakukan kesalahan, jika ingin menyelesaikan sendiri semua masalah,yang ditemui tanpa pernah bertanya.
5. Pelajari gaya berkomunikasi di kantor. Ada atasan yang lebih suka menggunakan email, sedangkan yang lain lebih mengutamakan komunikasi lewat telepon atau tatap muka langsung.
6. Tak ada salahnya memberikan sentuhan personal seperti menambahkan foto atau pernak-pernak lain di cubicle atau meja kerja sehingga Anda lebih nyaman untuk bekerja. Namun ingatlah untuk tidak berlebihan dalam menghias meja Anda.
7. Datanglah lebih awal dan pulang lebih lama selama minggu pertama sehingga Anda kesempatan untuk lebih mengenal lingkungan dan rekan kerja baru dalam suasana yang lebih santai.
8. Anda bisa meminta supervisor atau manajer untuk memberikan penilaian pada bulan pertama, secara informal dan mendiskusikan apa yang kurang dari kinerja Anda. Sehinggga Anda dapat mengambil langkah-langkah perbaikan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja.
9. Selalu bersikap dan berpikiran positif akan membantu Anda beradaptasi dan lebih bersemangat menghadapi tantangan di pekerjaan baru.

(Wahjoe Wigati/dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar