This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

TETAP SEHAT DI MUSIM HUJAN

Setelah merasakan panasnya musim kemarau, sejuknya musim hujan akhirnya datang juga. Bersamaan dengan datangnya musim hujan, berjangkit pula beberapa penyakit antara lain batuk, pilek, leptospirosis dan demam berdarah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.
• Jangan lupa membawa payung , jas hujan , topi atau baju hangat saat bepergian. Memang sedikit merepotkan tapi setidak-tidaknya menjaga tubuh kita tetap kering dan hangat saat hujan.
• Sapu tangan atau handuk juga penting dibawa saat bepergian. Selain dapat menggantikan fungsi payung, sapu tangan atau handuk berguna untuk menutupi mulut dan hidung saat bersin.dan mengeringkan serta membersihkan tangan sebelum makan. Dibandingkan sapu tangan kain, menggunakan tissue jauh lebih bersih dan aman untuk membersihkan hidung saat flu.Tapi jangan lupa segera buang tisssue bekas ke tempat sampah..
• Makanlah makanan sehat. Asupan vitamin (terutama vitamin C), mineral dan energi sangat penting untuk membantu meningkatkan system kekebalan tubuh agar kita terhindar dari penyakit. Porsi makan juga harus diperhatikan untuk memberi energi ekstra karena selama musim hujan yang dingin tubuh cenderung menghasilkan lebih banyak panas agar kita tetap merasa hangat.
• Minumlah air ang telah dimasak atau air mineral yang terjamin kebersihannya .
• Istirahat dan tidur yang cukup. Saat tubuh terlalu lelah, daya tahanya akan menurun sehingga kita akan lebih mudah terserang penyakit.
• Seringlah mencuci tangan dengan sabun.anti septic untuk mencegah penularan penyakit akibat kuman yang menempel pada tangan.
• Jagalah kebersihan tubuh dengan mandi secara teratur karena kuman lebih mudah berkembang biak dalam keadaan udara dingin dan lembab.
• Kebersihan lingkungan sekitar rumah juga penting diperhatikan. Hindarkan terjadinya genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegipty atau kuman leptospirosis.
(wahjoe wigati/dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar