This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Resensi buku MEMBANGUN KEMBALI JATI DIRI BANGSA

Resensi buku MEMBANGUN KEMBALI JATI DIRI BANGSA
Penulis H. Soemarno Soedarsono
Jumlah halaman 63
Penerbit PT. Elex Media Komputindo
Kondisi Indonesia yang masih saja terpuruk merupakan dampak krisis multidimensi yang melanda tahun 1998. Akar permasalahannya bukan semata-mata faktor politik, ekonomi, sosial budaya atau keamanan melainkan justru terletak pada faktor manusia Indonesia sendiri. Bukan karena tingkat kecerdasan yang rendah tapi karena kebanyakan manusia Indonesia telah tertutup hati nuraninya dan kehilangan jati diri. Keadaan ini berimplikasi pada rusaknya karakter bangsa. Kondisi bangsa yang “sakit” akan berpengaruh pada kondisi ketahanan nasional .Ketahanan nasional Indonesia ditumbuhkembangkan dengan mengacu pada konsepsi ketahanan nasional yang bersifat makro dan top down.Tapi untuk mengatasi krisis, konsepsi ketahanan nasional memerlukan subsistem pendamping yang bersifat bottom up. Ini berarti pembinaan ketahanan dimulai dari ketahanan individu, keluarga, lingkungan, masyarakat dan akhirnya bermuara pada ketahanan nasional.
Sangat penting bagi setiap manusia Indonesia untuk menemukan kembali dan menumbuhkembangkan jati dirinya dalam rangka pembentukan karakter individu. Karena hanya dengan dorongan karakter dan semangat yang kuat, bangsa Indonesia bisa bangkit menjadi negara yang maju dan jaya.
Karakter yang kuat dapat dibentuk melalui koridor intenalisasi nilai-nilai, menyadari mana yang boleh dan yang tidak, membentuk kebiasaan hingga menjadi pribadi berkarakter kuat yang patut diteladani. Ada rumus yang harus diperhatikan dalam pembentukan karakter yaitu menempa 5 sikan dasar berlandaskan 3 syarat dan menggunakan 3 cara (5+3+3).Tapi yang menjadi kunci terwujudnya manusia Indonesia berkarakter adalah harus ada hasrat untuk berubah yang dimulai dari diri sendiri dan dilakukan saat ini juga.
Hasil sinergi karakter kuat manusia Indonesia inilah yang akan membentuk karakter bangsa yang jika ditampilkan lewat nilai-nila luhur khasanah bangsa dan tata nilai kehidupan nyata anak bangsa maka dirumuskan sebagai jati diri bangsa Indonesia yaitu Pancasila.
Proses pembentukan karakter bangsa memerlukan jangka waktu yang lama karena pembentukan karakter memang merupakan proses tiada henti. Sehingga keteladanan dari para pemimpin dan kebijakan pemerintah yang mengatur tentang pembentukan karakter amat diperlukan.
Buku MEMBANGUN KEMBALI JATI DIRI BANGSA dapat membuka wawasan kita mengenai akar permasalahan sesungguhnya dari krisis di Indonesia dan solusi yag tepat untuk mengatasinya. Sebagai panduan untuk program pelatihan pembentukan karakter, buku ini mudah dipaham pembaca karena materi bahasan disampaikan dengan gaya bahasa yang sederhana,ringkas namun jelas.
Jika Anda tidak ingin bangsa Indonesia terhapus dari muka bumi karena kehilangan jati diri dan mau turut ambil bagian dalam pembangunan kembali karakter bangsa dengan menjadi manusia Indonesia yang berkarakter, Anda perlu membaca MEMBANGUN KEMBALI JATI DIRI BANGSA.

0 komentar:

Posting Komentar