This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Resensi buku CHARACTER BUILDING Membentuk Watak

Resensi buku CHARACTER BUILDING Membentuk Watak
Penulis Soemarno Soedarsono
Jumlah halaman 324
Penerbit PT. Elex Media Komputindo
Krisis multidimensi yang dihadapi Indonesia hingga saat ini tak juga teratasi. Faktor ekonnomi dituding sebagai dasar utama krisis yang berkelanjutan. Padahal sesungguhnya watak lemah dan pudarnya jati diri bangsa yang membuat kita tak juga keluar dari krisis. Karena hanya bangsa yang berjati diri dan berwatak kuat yang mampu berprilaku produktif di tengah badai krisis dan segera bangkit dari keterpurukan.Untuk mengubah karakter bangsa menjadi kuat, sangat dibutuhkan sosok pemimpin dengan kepribadian terpuji untuk dijadikan panutan/suri teladan. Tapi masalahnya sosok pemimpin yang bisa diteladani merupakan barang langka di negeri ini,
Krisis sudah sangat mendesak untuk segera diatasi. Kita tak bisa membuang waktu menunggu para pemimpin negeri atau siapapun memperbaiki wataknya agar bisa dijadikan teladan. Mengapa proses pembentukan watak bangsa tidak kita MULAI DARI DIRI SENDIRI DAN DILAKUKAN SEKARANG JUGA?
Tidak seperti temperamen, watak yang juga merupakan sisi dari kepribadian seseorang, dapat diubah atau dibentuk melalui pendidikan dan pengalaman hidup. Membentuk watak berarti menemukan kembali serta menumbuhkan jati diri yang hilang. Jati diri bisa ditemukan kembali hanya jika kita kembali ke fitrah dan membuka mata hati kita. Dengan hati yang telah bersih dan dipenuhi rasa syukur, proses pembentukan watak terpuji dimulai dengan menempa lima sikap dasar (yaitu jujur, terbuka, berani mengambil risiko dan bertanggung jawab, memenuhi komitmen serta mampu berbagi) untuk ditumbuhkembangkan dalam pemikiran, sikap dan prilaku. Selanjutnya dengan memadukan watak terpuji dengan kompetensi maka kita dapat menjadi pribadi unggul yang efektif dan mencapai sukses sejati yang menampilkan diri secara seimbang,produktif, bermakna dan bahagia. Jika kita telah berhasil menjadi pribadi unggul yang efektif dan mencapai sukses sejati berarti kita siap menjadi panutan.
Buku CHARACTER BUILDING Membentuk Watak memberikan solusi mengatasi krisis multidimensi yang dihadapi Indonesia melalui pembentukan watak bangsa dengan pendekatan bottom up. Buku ini betul-betul memanjakan pembacanya. Penggunaan gaya bahasa yang tidak terlalu serius disertai gambar-gambar dan bagan yang menarik sangat membantu pembaca untuk memahami isi buku ini. Penambahan bobot dan bumbu berupa kisah-kisah nyata yang inspiratif tentang keberhasilan pembentukan watak membuat buku ini semakin “sedap” dibaca.
Baca CHARACTER BUILDING Membentuk Watak jika Anda merasa perlu memperbaiki watak dan ingin jadi panutan bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan, masyarakat atau bahkan bagi bangsa Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar