This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

PILAH PILIH KAMERA DIGITAL

Kamera digital dengan bermacam-macam fitur yang dimiliki memudahkan kita melakukan pendokumentasian suatu hal yang sangat penting.Para pengguna yang termasuk kategori pemula seringkali bingung untuk memilih kamera digital yang sesuai dengan kebutuhan.. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan calon pengguna sebelum berburu kamera digital.
1. Resolusi Dan Megapixel
Resolusi ini merujuk pada banyaknya piksel yang bekerja sama membuat suatu foto. Semakin besar resolusi maka hasil foto juga semakin baik. Sebuah kamera digital 2 megapixel dengan resolusi 640x480 sudah memadai untuk membuat foto sehari-hari yang bisa dilihat di layar komputer dan dikirim via e-mail serta bisa dicetak sampai dengan ukuran 6R. Untuk mencetak yang lebih besar lagi, sebaiknya pilih yang bermegapixel dan resolusi lebih besar, agar gambar tidak pecah dan buram. Biasanya, semakin besar megapixel dari sebuah kamera, harganya juga akan semakin mahal,
2. Lampu kilat (flash)
Lampu kilat, baik yang otomatis maupun yang manual, sebagai pendukung pencahayaan biasanya sudah terintegrasi pada hampir semua kamera digital. Fitur tambahan seperti pengurang efek mata merah. dan pilihan pengambilan gambar di malam hari atau night scene sangat penting diperhatikan jika anda memang membutuhkannya..
3. Layar LCD
Sebaiknya pilih layar LCD dengan resolusi yang cukup besar dan ukuran layar yang tidak terlalu kecil, agar gambar dan warna bisa tampil maksimal dan tampak lebih natural sehingga memudahkan. Anda melihat dan menghapus gambar yang tidak diinginkan.
4. Self-timer
Self timer yang lamanya biasanya bisa mencapai 10 detik berguna untuk memudahkan memotret gambar diri . Untuk mengambil gambar dalam keadaan cahaya yang kurang, penggunaan self timer sangat membantu karena bisa mengurangi guncangan akibat tekanan pada tombol pengambilan gambar.
5. Daya tahan baterai
Pemakaian kamera yang menggunakan battery lithium tidak terlalu merepotkan cukup dicharge setelah selesai dipakai. Bebeberapa kamera menggunakan batterai jenis AA sehingga baterai Alkaline, atau baterai yang bisa diisi ulang bisa menjadi pilihan. Tapi sebaiknya menggunakan battery jenis isi ulang yang meskipun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan Alkaline, tetapi kemampuan isi ulangnya bisa sampai 500x pemakaian normal.Tetapi berhati-hatilah , karena sekarang sudah banyak beredar baterai isi ulang jenis AA palsu dipasaran
6. Koneksi
Perhatikan apakah kamera digital Anda bisa berhubungan dengan perangkat digital lainnya seperti televisi, printer, PC atau Mac. dengan adanya USB kabel. Beberapa kamera digital Canon, Hewleet-Packard, Seiko Epson Corporation, Olympus Optical Company, Fuji Photo Film Corporation dan Sony Corporation sudah mendukung PictBridge yang membuat Anda leluasa mencetak gambar langsung dari kamera digital meski mereknya berbeda.
7. Optical Zoom dan Digital Zoom
Perbesaran gambar secara optical berbeda dengan digital zoom.. Rata-rata kamera digital mempunyai fasilitas digital zoom, namun hasil perbesaran nya mengakibatkan hasil foto menjadi pecah dan tidak jelas.. Kamera digital dengan fasilitas optical zoom sangat berguna untuk pengambilan gambar jarak jauh. Usahakan mendapatkan kamera dengan minimal 2x optical zoom dan jika tidak terpaksa hindari pemakaian digital zoom. Digital zoom dapat juga di lakukan dengan software di PC.
8. Perhatikan Memory Storagenya
Beberapa kamera mempunyai internal memory didalamnya, tetapi biasanya kapasitasnya tidak terlalu besar. Kita dapat memberikan tambahan memory sesuai dengan kebutuhan asalkan kamera digital dilengkapi dengan port untuk memory external, sehingga . Jenis dan bentuk memory bermacam-macam biasanya disesuaikan dengan jenis kamera digital tersebut. Semakin besar kapasitas memory storage, maka harganya akan semakin mahal juga.
9. Pertimbangkan membeli card reader
Card reader adalah alat tambahan untuk membaca memory card pada kamera digital yang menghemat waktu untuk transfer foto dari kamera ke komputer . Dengan menggunakan card reader, umur battery juga bisa dihemat karena kamera tidak perlu dihidupkan (on).
10. Waktu operasi
Pilih kamera digital yang tidak butuh waktu terlalu banyak setelah jeda pengambilan gambar.
11. Fitur tambahan
Banyak kamera digital yang dilengkapi dengan fitur tambahan, antara lain kemampuan untuk merekam gambar bergerak (video). Tapi kemampuan untuk merekam dan hasil rekaman videonya tidak akan bisa maksimal, karena kamera digital didesign hanya untuk menghasilkan foto diam secara maksimum.
12. Kalkulasi harga dan garansi
Selain mempertimbangkan harga kamera digital itu sendiri, jangan lupa untuk mengkalkulasi harga perangkat pendukung lainnya seperti baterai isi ulang dan adapter AC. Perhatikan juga garansi yang diberikan penjual.
13. Cobalah kamera tersebut sebelum membeli
Kamera digital dilengkapi dengan berbagai menu dan tombol-tombol pengontrol. Beberapa kamera mudah dioperasikan dibanding jenis lainnya. Perbandingan mudah atau susah dapat anda simpulkan jika sudah mencobanya..
14. Cari informasi sebanyak-banyaknya
Ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kemampuan, spesifikasi, dan kekurangan dari kamera yang diinginkan agar tak menyesal setelah membeli.
(Wahjoe wigati/dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar