This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

PUSTAKAWAN DAN PERPUSTAKAAN

Tiap kali mendengar kata “perpustakaan” saya selalu teringat akuarium. Bukan dalam arti yang sesungguhnya ya tapi cuma istilah yg teman-teman dan saya berikan untuk ruang tambahan di bagian depan perpustakaan kampus kami. Ruang akuarium itu berkaca jendela nako  yang besar-besar sehingga orang yang berada di luar atau di dalam bisa saling melihat dan bisa ngobrol juga. Mirip akuarium   kan he..he….he…
Tidak seperti  ruang lain di perpustakaan, di akuarium ini kita lebih leluasa ngobrol atau diskusi. Tapi teteup sich, kalau terlalu berisik ya bakal ditegur atau malah diusir petugas perpustakaan hi..hi..hii… yang jelas, sejak ada akuarium makin banyak mahasiswa datang ke perpustakaan kampus kami. Bukan cuma  buat pinjam buku atau belajar. Tapi juga buat tugas kelompok, nyontek PR, atau sekedar “ngadem” sambil ngobrol buat nunggu mata kuliah berikutnya.
Tentang pustakawan,ada satu hal yang menarik. Dari jaman baheula sampai sekarang, mau yang mukanya jadul judes sampai  keren kayak artis korea ada lagu …eh kalimat wajib diingat para pustakawan di seluruh muka bumi. Sepanjang karir jadi pustakawan, minimal sekali  pasti mereka pernah bilang ”Ssstt…janganberisik!” atau ” Kalau mau ngobrol mending ke luar sana !” atau kalimat lain sejenisnya. Ga percaya? Buktiin aja sendiri he..he.he……..
Di tengah berbagai kemudahan mendownload e-book atau mendapatkan berbagai informasi via internet dari mana saja dan kapan saja, penting banget perpustakaan menyediakan berbagai fasilitas. Ya kira-kira  berkonsep seperti one stop building..Praktis kan kalo datang ke perpustakaan yang bukan Cuma menyediakan bahan bacaan tapi juga fasilitas lain seperti  wifi, warnet,tokobuku/stationery kecil, kantin dan playground. Dan yang penting tersedia untuk pengunjung perpustakaan cerewet seperti saya yaitu ada area khusus untuk membaca sambil ngobrol/diskusi sehingga tidak mengganggu pengunjung  yang butuh ketenangan. Akan makin keren lagi kalau diadakan acara-acara seru misalnya bedah buku atau meet and greet dengan pengarang. Jadi makin banyak deh orang tertarik datang ke perpustakaan.

0 komentar:

Posting Komentar